Si-PERDITAN



Berisikan tentang peta rerata curah hujan dan suhu serta suhu permukaan laut dari citra satelit Himawari-8. Data citra satelit Himawari-8 bersumber dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).


Berisikan tentang peta arah dan kecepatan angin di Indonesia. Data bersumber dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).


Berisikan tentang prediksi El Nino dan La Nina di wilayah Indonesia. Data bersumber dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) .


Analisis dan Prediksi El-Nino dan La-Nina Tahun 2019

Rekomendasi: Berdasarkan data citra NOAA/NESDIS SST (sea surface temperature) anomaly di Nino 3.4 yang terletak di samudera pasifik tengah dan timur selama periode bulan 25 Maret 2019 menunjukkan SST anomaly 0,55 derajat Celcius Selengkapnya


Berisikan tentang prakiraan curah hujan 6 (enam) bulan ke depan yang bersumber dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan data prediksi peluang curah hujan yang bersumber dari Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian.


Analisis dan Prediksi Curah Hujan Tahun 2019

Rekomendasi: Berdasarkan peta sebaran prakiraan curah hujan pada bulan April 2019 di seluruh wilayah Indonesia menunjukkan curah hujan ringan sampai dengan lebat berkisar antara 201 sampai dengan 500 mm/bulan, kecuali Provinsi Papua Selengkapnya


Berisikan tentang prakiraan curah hujan 6 (enam) hari ke depan. Data bersumber dari International Research Institute for Climate and Society (IRI) yang diolah oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian.


Peta Prakiraan Musim Hujan dan Kemarau ini memuat informasi Prakiraan Awal Musim Hujan 2018/2019, Perbandingan antara Prakiraan Awal Musim Hujan 2018/2019 terhadap Rata-rata atau Normalnya selama 30 tahun (1981-2010), Prakiraan Sifat Hujan selama Periode Musim Hujan 2018/2019 dan Prakiraan Puncak Musim Hujan 2018/2019.


Rekomendasi belum diisi


Berisikan tentang informasi hotspot di wilayah Indonesia. Data bersumber dari Lembaga Penerbangan dan Antarikasi Nasional (LAPAN).


Rekomendasi belum diisi


Berisikan tentang informasi peta sebaran endemik OPT tanaman pangan. Data bersumber dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. Peta Prakiraan Serangan OPT berasal dari Balai Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) Jatisari. Peta Sebaran OPT Tanaman Pangan disusun berdasarkan hasil perhitungan data lima tahun terakhir.


Rekomendasi Pengendalian OPT Utama pada Tanaman Padi, Jagung, dan Kedelai MT 2019/2020

Rekomendasi: Strategi pengendalian OPT utama pada tanaman padi, jagung, dan kedelai MT 2019/2020 Selengkapnya


Berisikan tentang informasi peta sebaran endemik OPT hortikultura. Data bersumber dari Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian. Peta Sebaran OPT Tanaman Hortikultura disusun berdasarkan hasil perhitungan data satu tahun terakhir.


Rekomendasi belum diisi


Berisikan tentang informasi peta sebaran endemik OPT perkebunan. Data bersumber dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian. Peta Sebaran OPT Tanaman Perkebunan disusun berdasarkan hasil perhitungan data selama tiga tahun terakhir.


Rekomendasi belum diisi


Berisikan tentang informasi peta sebaran Penyakit Hewan. Data bersumber dari Direktorat Jenderal Peternakan & Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. Peta Sebaran Bebas Penyakit Hewan didasarkan pada SK Menteri Pertanian.


Rekomendasi belum diisi


Kamus terkait dengan penanganan OPT pada tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan. Selain itu juga terdapat penanganan pada penyakit hewan.

Berisikan tentang peta prakiraan curah hujan, sebaran OPT & penyakit hewan, peta lahan baku sawah, dan tinggi muka air waduk/bendungan di beberapa wilayah Indonesia. Peta Interaktif ini berguna dalam menyusun perencanaan dan rekomendasi dalam penanggulangan dampak perubahan iklim pada sektor pertanian. Data bersumber dari Kementerian Pertanian, Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional dan Direktorat Jenderal Sumberdaya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.